v HP Tercebur Ke Air ? Ini Cara Mengatasi HP Smartphone Terkena Air - GUSARSA

HP Tercebur Ke Air ? Ini Cara Mengatasi HP Smartphone Terkena Air

Cara Mengatasi HP Smartphone Terkena Air. cara mengatasi hp kena air baterai tanam dengan beras. hp kena air mati total. hp konslet kena air. cara mengatasi hp kena air baterai tanam  cara menghilangkan air di layar hp  cara mengatasi hp kena air dengan beras  hp kena air mati total  biaya servis hp kena air  hp konslet kena air  cara mengatasi hp kemasukan air  cara mengatasi hp oppo a3s masuk air

Cara Mengatasi HP Smartphone Terkena Air. Terkadang ada saja orang tidak sengaja menjatuhkan HP nya ke dalam air. Bagaiamana Cara mengatasi Hp smartphone terkena air ? so, pada artikel kali ini saya akan berbagi informasi tentang Cara mengatasi hp smartphone terkena air.

Baca Juga : IOS 14 Rilis, Cara Unduh iOS 14 dan Fitur-Fitur Baru


HP atau handphone adalah salah satu barang elektronik yang kegunaannya bukan di dalam air. Hal ini dikarenakan komponen utama dari sebuah HP adalah komponen perangkat keras (hardware) dan  lunak (software). Tentu saja HP hanya bisa beroperasi secara optimal, apabila ada daya listrik dari baterai.


Dengan komponen utama tersebut, HP akan sangat mungkin rusak (konslet) jika terkena air. So, bagaimana seandainya jika HP anda sudah terlanjur terkena air ? atau bahkan HP kamu tercebur ke air ?


Mungkin jika hanya terkena percikan air, bisa diatasi percikan air itu dengan menggunakan kain bahan yang menyerap air.


Cara ini bertujuan untuk mengantisipasi aliran air supaya tidak masuk ke dalam komponen perangkat keras pada HP. Tapi bagaimana jika HP tenggelam ke dalam air secara sebagian atau keseluruhan ?


Saat ini ada beberapa jenis HP Smartphone yang bisa digunakan di dalam air tanpa menggunakan waterproof dan takut terjadi masalah dengan HP anda. Namun HP jenis ini dijual dengan harga yang mahal. Hanya beberapa orang yang sanggup membelinya HP level flaghtship ini.


Namun apabila HP smartphone kamu tidak memiliki kualitas spesifikasi ini, diperlukan cara secara khusus untuk menanganinya secara cepat dan aman. Dalam hal ini, untuk menyelamatkan HP yang tenggelam atau tercebur di air, peluangnya kecil apabila salah penanganan.


Hal itu karena komponen yang dimiliki HP biasanya akan mengalami konslet dan kemungkinan besar HP akan mati total. Untuk solusi masalah ini, berikut adalah cara mengatasi HP smartphone terkena air dalam jumlah banyak secara mandiri.

Baca Juga : Cara Merubah Atau Konversi File Word Ke PDF Secara Online dan Gratis Tanpa Aplikasi


Cara Mengatasi HP Smartphone Terkena Air

Pada umumnya, HP yang tercebur ke air akan mati total jika terkena air dengan jumlah banyak. Tutorial berikut ini tidak bisa membuat HP Smartphone kamu bisa langsung seketika hidup kembali. Tetapi dengan antisipasi di bawah ini, maka peluang HP untuk hidup kembali akan besar.

1. Matikan HP Smartphone

Hal pertama Cara mengatasi HP Smartphone terkena air yaitu dengan mematikan Hp sesegera mungkin. Jika HP terkena air sampai tenggelam sebagaian atau keseluruhan, hal pertama yang harus dilakukan yakni dengan mengambil HP tersebut secepat mungkin dan mematikannya.


Matikan HP dengan tombol power. jika HP tidak menggunakan baterai tanam, langsung copot saja baterainya. Langkah ini dilakukan agar mencegah kerusakan pada komponen HP dari daya listrk baterai Smartphone. disaat mematikan HP, memposisikan HP untuk sisa air bisa langsung jatuh ke tanah.


2. Lepasakan Sim-Card dan Memory Card

Setelah langkah tersebut, Cara mengatasi HP Smartphone terkena air berikutnya adalah dengan melepas Sim-card dan Memory-card yang masih terpasang pada HP.


Langkah ini dilakukan untuk menyelamatkan Sim-Card dan Memory-card dari kemungkinan rusak akibat terkena air. Saat melepaskannya, lakukanlah secara hati-hati, hal itu karena body HP masih basah dari sisa-sisa air.


3. Lap HP dengan Kain Bersih

Apabila langkah kedua sudah dilakukan, langkah berikutnya yakni dengan mengeringkan sisa-sisa air yang terdapat pada permukaan HP.


Untuk mengeringkannya, bisa gunakan lap kain kering. Pada tahapan ini, lakukanlah dengan hati-hati dan jangan sampai aliran air masuk ke dalam komponen HP.


4. Keringkan Dengan Memakai Mini Vacuum Cleaner

jika saat langkah mengeringkan dengan kain lap dirasa kurang maksimal. kamu bisa menggunakan vacuum cleaner. alat ini digunakan untuk mengeringkan sisa-sisa air yang tidak dapat di jangkau dengan kain lap.


Saat menggunakan vacuum cleaner, atur kemampuan menyerapnya dengan kecepatan rendah. Untuk dapat menghindari kemungkinan komponen HP yang berukuran kecil seperti baut, ikut tersedot ke dalam mini vaacuum cleaner.

 

5. Rendam HP di dalam Beras

Langkah berikutnya adalah dengan merendam HP di dalam tempat beras. Untuk cara yang satu ini sangat mudah. Silahkan timbun HP smartphone selama beberapa menit kedalam beras. Bisa juga lebih lama


Kenapa beras? Karena beras memiliki kemampuan untuk menyerap air atau kelembaban. Tapi, apabila tidak memiliki beras. gunakanlah silica gel. Benda ini juga dapat digunakan untuk mengeringkan HP yang terkena air.



Lalu apa Saja yang Tidak boleh dilakukan ketika HP Terkena Air ?

  • Jangan menghidupkan HP ketika masih basah.
  • Jangan menyambungkan HP ke daya listrik.
  • Jangan tekan tombol apa pun kecuali tombol turn off untuk mematikan HP.
  • Jangan menggerakkan HP terlalu banyak, agar sisa air di dalam HP tidak menjalar kemana-mana.
  • Jangan panaskan HP menggunakan hairdrayer atau alat pemanas lainnya. Suhu panas malah justru dapat merusak komponen yang ada di dalam HP.


Itulah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan ketika HP kamu terkena air. Cara tersebut dapat kamu lakukan sendiri tanpa harus pergi ke tempat service HP.


Namun jika kamu sudah melakukan cara mengatasi HP Smartphone terkena air tersebut dan HP kamu belum bisa hidup kembali, sebaiknya segera bawa ke tempat service HP.


So, jadi itulah Cara mengatasi HP smartphone terkena air secara mandiri. Dan juga apa Saja yang Tidak boleh dilakukan ketika HP Terkena Air.  Semoga informasi ini dapat bermanfaat jika seandainya HP kamu terkena air dan tercebur ke dalam air.

 

Baca Juga : 6 Website Untuk Membuat Logo Secara Online Gratis Terbaik


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel